Monday , 22 December 2014

Flash Player on Samsung Galaxy Gio

Secara default device Samsung Galaxy Gio saya ( Android 2.3.4 Gingerbread ) tidak support flash player, jadi ketika mau menggunakan aplikasi IndoTV atau aplikasi MyTrans tentu tidak bisa digunakan. Padahal jelas kedua aplikasi tersebut compatible dengan device saya (dengan parameter terlihat dan bisa diinstall dari Android Market). Terus bagaimana coba? Ada beberapa langkah untuk memaksakan agar device kita bisa mendukung Adobe flash player.

Aplikasi yang perlu dipersiapkan :

  1. Aplikasi Root Explorer, download di sini. Aplikasi ini semacam file browser yang bisa mengakses seluruh file dan folder di Android.
  2. Installer Flash player 11, download di sini. Aplikasi mentah flash player, kita tidak bisa menemukannya di Market resmi karena device kita tidak didukung, kalaupun ketemu, pasti terdapat pesan Your device isn’t compatible with this item.
  3. Library com.adobe.flashplayer, download di sini. Berupa 4 file pendukung dari aplikasi flash player, sehingga device kita menjadi support dengan Adobe Flash player.

Setelah ketiga bahan di atas sudah disiapkan, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan saksama :

1. Pastikan device kita sudah rooted, artinya kita bisa mengakses penuh segala file manager dari android kita. Untuk ngeroot, saya menggunakan aplikasi SuperOneClick v 2.3.2. Download aplikasinya di sini. Cara ngeroot bisa klik ini.

2. Install apps Root Explorer, pastikan Root Explorer has been granted Superuser permissions – intinya mendapat ijin dari Superuser untuk digunakan.

3. Install apps Flash Player 11.  Setelah selesai terinstall, biarkan, aplikasi jangan dibuka.

4. Dengan menggunakan root explorer yang telah diinstall tadi, akses data > data, kemudian cari & buka folder com.adobe.flashplayer, hapus folder lib yang ada di situ, gantikan dengan folder lib yang telah kita siapkan tadi.

foto/gambar: com adobe flashplayer

5. Library baru berbentuk *rar, ekstrak terlebih dahulu (lebih enak kalau diekstrak di PC, lalu push ke dalam SD Card Android). Pastikan folder lib didalamnya terdapat 4 file yaitu :
libflashplayer.so
libstagefright_froyo.so
libstagefright_honeycomb.so
libysshared.so

foto/gambar: sc20120112 002529

6. Ubah permissions dari folder com.adobe.flashplayer, folder lib dan ke-4 file di dalamnya menjadi seperti gambar di bawah ini. Cara mengubah permission dengan cara menekan folder/file (sampai bergetar) lalu pilih Permissions.

foto/gambar: ubah permission

7. Aplikasi flash player bisa langsung digunakan. Untuk mencobanya silakan buka browser dan akses mivo.tv atau silakan mencoba menginstall apps IndoTV atau Mytrans dari Market.

foto/gambar: mytrans

tampilan streaming acara Trans TV

PS : Langkah-langkah di atas saya praktikkan menggunakan device Samsung Galaxy Gio.

Update :

Berlaku juga untuk Samsung Galaxy Fit. Dipraktikkan oleh Dafhy.

Berlaku juga untuk Samsung Galaxy Mini.

Semoga juga bisa digunakan untuk device Samsung Galaxy Ace dan Galaxy Young. Semoga panduan ini bermanfaat dan tidak menyesatkan.

93 comments

  1. Mas kalo samsung galaxy young bisa juga.ga ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top