Saturday , 25 October 2014

Ber-Android Ria meski Baru di Emulator

Satu lagi kebanggaan bagi Android Lover yang belum mampu untuk membeli gadget/smartphone-nya. Bahkan, saya berharap setelah membaca postingan ini sampai selesai, kalian akan mengurungkan niat untuk membeli gadget Android yang mahal, karena ternyata tanpa memiliki smartphone Android-pun kita bisa menikmati OS Android dengan menggunakan mesin emulator. Setelah sebelumnya saya telah menulis tentang bagaimana mencicipi Android di PC dan bagaimana cara menginstall file installer apk ke dalam emulator. Kali ini saya akan membahas mengenai mesin emulator lain, tentu saja lebih ciamik, lebih mudah, lebih ringan dan tentu sajalebih user friendly. Emulator tersebut adalah :

1. BlueStacks AppPlayer – Your Favorite Android Apps Now on PC

Awalnya mesin emulator Android ini dikhususkan untuk game-game yang biasanya hanya running di gadget Android (versi Alpha), tapi sejak keluar versi beta kemarin Bluestacks sudah mendukung banyak aplikasi-aplikasi lain seperti sosial media, fotografi, entertainment dan bisa untuk install file APK secara langsung.

Emulator Bluestacks bisa didownload langsung di official websitenya http://bluestacks.com. Pada versi yang lama (alpha), Bluestacks langsung menyediakan file installer sebesar kurang lebih 119 MB. Berbeda dengan versi yang sekarang, file installer hanya berukuran sekitar 3 MB, kemudian jika diinstall file installer tersebut akan meminta koneksi internet untuk mendownload file-file pendukung lainnya sehingga emulator ini bisa dipakai secara sempurna.

Aplikasi emulator ini masih dalam tahap pengembangan (Beta-1), sementara ini masih bersifat free dan hanya running di komputer Windows. Pengalaman saya setelah menginstall Emulator ini, semua file *.apk otomatis berasosiasi dengan emulator ini, sehingga hanya dengan double klik file installer *.apk otomatis akan terinstall ke dalam engine Bluestacks dan langsung bisa digunakan. Jika belum otomatis, untuk menginstall file APK bisa melalui cara :

  • > Klik kanan file APK yang akan diinstall > Open with…
  • > Browse > cari HD-ApkHandler.exe > OK
  • > Tunggu Bluestacks running, file akan otomatis terinstall.

Berikut beberapa screenshot Emulator Bluestacks :

foto/gambar:

tampilan awal loading Bluestacks AppPlaywe

foto/gambar:

Tampilan home Android di BlueStacks

foto/gambar: tampilan facebook di bluestacks

tampilan halaman login facebook di emulator Bluestacks

 

2. YouWave – Android on Windows PC

foto/gambar: youwave logo

Emulator Android yang satu ini bersifat shareware, kita bisa menggunakan versi trial selama 7 hari saja, selebihnya kita harus membeli Activation key Youwave ini dengan harga $14,99. Ingin mencoba, silakan download langsung di websitenya youwave.com, besar file download sekitar 101 MB. Ingin mencari keygen/crack, silakan gugling sendiri foto/gambar: icon smile

Sama seperti Bluestacks, Emulator ini sementara hanya running di Micr. Windows. Versi terbaru dari Youwave mampu mengemulasi Android Versi 2.3 (Gingerbread), tetapi belum mendukung ARMv7, flash player, hardware sensor dan closed source API. Disarankan saat menginstall emulator ini, kalian menonaktifkan/menguninstall software VirtualBox, karena jika terdapat software ini, Youwave hanya bisa diinstall pada posisi guest, bukan di host machines.

Android Market, Twitter for Android, Whatsapp dan jutaan aplikasi lainnya berjalan normal di Emulator ini. Dengan Youwave kita seolah-olah sudah memiliki gadget Android sendiri. Betapa menyenangkan, bukan ? foto/gambar: icon smile

Berikut beberapa screenshot Emulator YouWave :

foto/gambar: booting youwave

tampilan home dari Youwave

foto/gambar: tampilan home android di youwave

homescreen Android di Emulator Youwave

foto/gambar: tampilan menu android di youwave

Menu Android di YouWave

foto/gambar: twitter di youwave

Twitter for Android Running on YouWave

Menginstall file APK  ke dalam Youwave :

  • Kumpulkan file-file apk ke dalam satu folder sehingga kita bisa dengan mudah memanage semua installer APK.
  • Klik menu File > Path to Apps… lalu cari di mana folder tempat meletakkan file-file apk tadi. Setelah ketemu, pastikan di Youwave semua file installer apk sudah muncul. Jika belum muncul silakan klik View > Redraw icon
  • Klik dua kali file apk dari Apps  yang akan kita install di layar sebelah kiri. Tunggu loading hingga 100 %. Jika sudah complete, apps otomatis terbuka sendiri di layar sebelah kanan. Untuk konten-konten native dan bersifat online kita bisa langsung menginstallnya melalui menu View > Online Content.
  • Jika kurang jelas, silakan klik menu Help > Instructions

Nah, dengan kedua emulator ini ditambah satu emulator di posting sebelumnya saya kembali menegaskan bahwa untuk mempelajari Android, untuk bisa menggunakan berbagai aplikasi yang ada di Android, dan untuk mencoba aplikasi develop sendiri tidak harus memiliki/membeli gadget/smartphone Android. Selamat ber-Android ria walau baru punya Emulatornya.

100 comments

  1. Wah bermanfaat sekali ni sob. Ternyata gampang sekali cara nyetting tidak seperti saya di artikel Cara Menggunakan Emulator Epsxe’> yang lumayan ribet hehe :)

  2. wihh , tak coba dili ya mass , aq dh beberapa cara untuk dapet android di pc tapi gagall semuaa ,, sdk ndak bisa jalanin nya ,, bluestrackk loading nya lama banget tapii coba yg ini , moga aje bisa yeeeee ,,,, tapi kalo prosesor nya intel bisa ndakk yaaa…???

  3. Muhafidz Milanisti

    mas youwave punya saya waktu mau buka file .apk gk bisa dibuka ada tulisan ” (nama aplikasi) has arm native code and not supported”
    tolong solusinya !!!

    • Itu artinya file apk yang diinstall tidak mendukung youwave.. Jadi tidak semua aplikasi Android bisa diinstall melalui Youwave ini. Kamu bisa coba alternatif lain dengan menggunakan emulator Bluestacks…

  4. Adam Maulana

    koq youwave saya diem di logo YouWave for android (robot) ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top