Wednesday , 1 October 2014

Sistem Operasi Perangkat Smartphone

foto/gambar: smartphone osSeperti halnya perangkat PC, smartphone alias ponsel pintar pun juga membutuhkan sistem operasi yang tepat guna dan powerfull untuk mendukung kebutuhan dan aplikasi atau fitur yang ada pada smartphone tersebut. Operating System atau sistem operasi adalah seperangkat program yang melakukan kontrol dan memanaj dan mengelola perangkat keras dari komputer (dalam hal ini ponsel) serta operasi dasar sistem lainnya termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti peramban web, pengolah kata dan lain-lain. Seperti halnya pada komputer desktop/PC, tanpa sistem operasi/OS kita tidak akan dapat menjalankan program aplikasi yang ada pada perangkat smartphone kita.  Kalau Sistem Operasi pada PC tentu kita sudah mengenalnya, ada Microsoft Windows XP/Vista/7, ada Linux, Ubuntu dan Mac OS. Terus, apa saja Operating System yang ada dan khusus untuk perangkat mobile pintar kita ?

1. Apple iOS

foto/gambar: older iphones no wifi after upgrade

www.gadgetizer.com

iOS merupakan sistem operasi yang berasal dari keluarga Mac OS X, dikembangkan oleh Apple Inc. Awalnya operating system ini bernama iPhone OS, karena memang awalnya dikembangkan untuk mendukung iPhone. Namun, sekarang iOS juga dikembangkan untuk mendukung produk Apple yang lainnya seperti iPod Touch, iPad dan Apple TV.

Sampai saat ini (tulisan ini dipublish) telah muncul 5 versi iOS, yaitu :
iOS 1.x, merupakan awal munculnya iOS bersamaan dengan rilisnya iPhone untuk pertama kalinya. Versi finalnya iOS 1.1.5
iOS 2.x, versi ini dipakai dalam iPhone 3G dan mulai diperkenalkannya App Store.
iOS 3.x, versi ini digunakan pada iPhone 3GS.
iOS 4.x, versi ini hanya diperuntukkan bagi iPod Touch dan iPhone. Versi ini terdapat dukungan penuh terhadap iPhone dan iPod.
iOS 5, versi ini rilis 6 Juni 2011 untuk versi beta-nya. Fitur baru diperkenalkan pada versi ini, diantaranya iMessage (chat untuk sesama pengguna iOS 5), integrasi twitter, reminder app, integrasi penuh dengan iCloud dan lain-lain. Support dengan semua model iPad, Iphone 3GS dan iPhone 4 serta iPod touch generasi 3 dan 4.

2. Blackberry OS

foto/gambar: Blackberry os 6

www.jagatreview.com

Siapa sich yang tak mengenal Blackberry atau biasa disingkat BB ? Ya, salah satu smartphone yang sukses di pasaran mobile phone Indonesia saat ini. Smartphone yang dikembangkan oleh RIM (Research in Motion) ternyata juga menggunakan sistem operasi tersendiri. Pihak RIM mengembangkan sistem operasi sendiri bernama BlackBerry OS. Sesuai dengan fungsi utamanya, BlackBerry OS ini kemungkinan merupakan OS yang paling baik dalam hal corporate e-mail. Sinkronisasi dengan lainnya pun cukup mudah. Selain itu sistem update dapat dilakukan langsung lewat Blackberry, termasuk dalam installasi aplikasi tertentu, dapat langsung dilakukan secara online atau OTA (On The Air) tanpa bantuan komputer (AppWorld).

Rilis terbaru Blackberry OS adalah Blackberry 7 OS. Diumumkan pihak RIM pada 2 Mei 2011 dan resmi diluncurkan pada Agustus 2011, tersedia pada BB Bold (9900/9930), BB Torch (9810/9850/9860) dan BB Curve (9350/9360/9370). Selain itu terdapat juga pada BlackBerry tablet dan Blackberry Playbook.

3. Windows Phone/Windows Mobile

foto/gambar:

pocketnow.com

Windows Phone merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft. Sebelum windows phone kita mengenal terlebih dahulu windows mobile. Pengembangan sistem operasi ini dimulai tahun 2000. Namun, proyek ini berjalan lambat dan akhirnya proyek ini berhenti. Tahun 2008, Microsoft menyusun kembali proyek tersebut dan memulai dengan sistem operasi yang baru. Tahun 2009, proyek tersebut membuahkan hasil dengan dirilisnya Windows Phone 7 Series. Pertama kali Windows Mobile muncul untuk sistem operasi pocket PC 2000 dengan ciri khas menggunakan stylus pen untuk memberikan perintah dengan menyentuhkan pada layar. Microsoft meluncurkan konsep yang benar-benar baru, yaitu Windows Phone 7 tahun 2010.

4. Android OS

foto/gambar: Android Ice Cream Sandwich 4 Sceenshots 5 343x610

www.yangcanggih.com

Saat ini mungkin juga mayoritas masyarakat pengguna gadget sudah mengenal Android. Android merupakan sistem operasi berbasis linux yang ditujukan untuk perangkat ponsel. Awalnya Android merupakan perusahaan independen (Android Inc.) yang dibangun oleh Andi Rubin sampai pada tahun 2005 diakuisisi oleh Google Inc.

Versi Android yang telah dirilis :

Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia. Diakses 03 Des 2011.

5. Symbian OS

foto/gambar: symbian n95 screenshot

abudira.files.wordpress.com

Sebelum kemunculan Blackberry dan Android, Nokia mendominasi pasar ponsel di Indonesia. Sistem Operasi yang disematkan pada setiap ponsel pintar Nokia ini adalah Symbian OS. Pada tahun 2008 Nokia membeli penuh saham Symbian dari perusahaan tertutup Symbian Ltd. Sebelumnya memang hampir 50% saham Symbian dimiliki oleh Nokia, sisanya kala itu dipegang oleh Ericsson, Panasonic, Samsung, Siemens dan Sony Ericsson. Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian mampu melakukan operasi secara multi treading, multi tasking dan pengamanan terhadap memory dan semua pemrograman pada Symbian yang dilakukan secara event-based ( hardware CPU tidak aktif ketika tidak ada input berupa aktivitas tertentu).

Versi Symbian OS :
Symbian ^1 : Symbian versi pertama yang memadukan Symbian OS dan S60 platform.
Symbian ^2 : Rilis  15 Februari 2010, fitur baru berupa graphic 3D Architechture, UI Improvement, serta dukungan output display
Symbian Anna : pembaruan dari Symbian ^3 dengan penambahan fitur berupa browser baru, virtual keyboard vertical, dan home screen scrolling.
Symbian Belle : versi terbaru dari Symbian, diaplikasikan pada Nokia seri 600 dan 700.

6. Bada OS

foto/gambar: 438771d1287045917 samsung bada os thread tips tricks hacks 20101014140815

www.team-bhp.com

Kalau Nokia mempunyai Sistem Operasi bernama Symbian, Samsung Electronics juga mengeluarkan sistem operasi tersendiri bernama Bada. Bada disematkan pada smartphone Samsung high end dan lower end feature phones. Platform Bada diperkenalkan ke publik pada 10 November 2009. Smartphone Samsung yang ber-OS Bada ini adalah berseri Samsung Wave, ditandai dengan adanya Samsung Apps, yaitu berupa toko aplikasi international (seperti halnya Android market pada platform Android atau Ovi Store untuk Nokia). Lebih dari 300 aplikasi ada di dalam Samsung Apps dan 70% diantaranya bersifat free/gratis.

7. MeeGo

foto/gambar: Meego resize

ictfiles.com

Meego adalah sistem operasi open source, berbasis Linux dan ditargetkan untuk perangkat mobile. Meego merupakan sebuah proyek kerjasama antara Intel dengan Nokia. tapi semenjak Februari 2011, Nokia memutuskan untuk bekerjasama dengan Microsoft dan sejak itu pula pengembangan Sistem Operasi Meego mulai ditinggalkan.

8. WebOS

foto/gambar: palm webos

beritateknologi.com

Adalah sistem operasi milik Hewlett-Packard (HP), awalnya dikembangkan oleh Palm (Palm sendiri punya OS bernama Palm OS, khusus untuk perangkat PDA) sebelum diakuisisi HP untuk perangkat mobile/tablet bermerk HP. Sejak 18 Agustus 2011, HP tidak lagi melanjutkan pembuatan sistem operasi ini. Jenis Smartphone yang menggunakan webOS antara lain Pre series, Pixi, dan Veer.

Referensi :

Majalah PC Media edisi 11/2011

6 comments

  1. Cukup mencerahkan om, tapi kalau seperti yang saya pakai sekarang belum ada OS-e nuh kakang? G705 SE

  2. Mantab, mas… cuma, alangkah lebih lengkap jika ditambah kelebihan dan kekurangannya

  3. ane pake android om :”>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top