Sunday , 21 December 2014

[Preview] Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

Sesuai dengan jadwal rilis reguler, Ubuntu 12.04 akan menjadi the next release setelah Ubuntu 11.10. Precise Pangolin akan menjadi codename dari Ubuntu 12.04 ini. Nama rilis ini telah diumumkan sendiri oleh Mark Shuttleworth pada 5 Oktober 2011. Ubuntu 12.04 akan hadir dalam bentuk LTS (Long Term Support). Tidak seperti rilis LTS sebelumnya (dengan support 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi server), Ubuntu 12.04 Precise Pangolin ini akan disupport sampai 5 tahun baik desktop edition maupun server edition.

Ikon Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

YANG BARU DARI UBUNTU 12.04 LTS

Berdasarkan Ubuntu Developer Summit pada awal September 2011 Canonical telah mengumumkan beberapa hal baru terkait rilis Ubuntu 12.04 LTS :

1. 64 Bit version for the default download.

Pada Ubuntu 12.04 paket yang utama bisa diunduh adalah dengan versi 64 bit. Meskipun demikian, yang versi 32 bit masih tersedia juga. Sebagai jantungnya, Ubuntu 12.04 ini akan menggunakan kernel versi 3.2. Info klik di sini.

2. Require DVD or USB Drive to install.

Sepertinya untuk Ubuntu 12.04 ini file image download/ ISO-nya akan berukuran sekitar 750 MB. Artinya dengan ukuran segitu tidak akan muat jika dipaketkan dalam bentuk CD. User akan membutuhkan DVD atau USB Drive untuk menginstallnya. Tentu hal ini mengejutkan bagi para user, apalagi dengan penambahan file yang hanya 50 MB saja.

3. Drop Banshee, Back to Rhythmbox?

Beberapa report menyarankan agar Banshee music player – yang baru saja ditambahkan ke Ubuntu sebagai player musik default – akan digantikan lagi dengan Rhythmbox. Masalah utama pada Banshee adalah minimnya proses maintenance software/update aplikasi serta berpotensi tidak akan kompatibel dengan prosesor ARM. Hal ini masih diperbincangkan dalam milis Ubuntu-Desktop.

4. No More Mono Framework ?

Terkait erat dengan point (3) tentang dihapuskannya Banshee, dimungkinkan dihapuskan pula Mono Framework dari Ubuntu. Banshee adalah satu dari beberapa aplikasi yang masih tergantung pada Mono (contoh yang lain adalah Tomboy Note dan gBrainy), Mono ini merupakan implementasi dari Microsoft’s.NET framework yang bersifat open source. Menurut Manager Ubuntu Community Jono Bacon (ditulis dalam blognya) bahwa permasalahan Banshee dan Mono ini telah fix/selesai.

5. A much faster start up time for the Ubuntu Software Center

Para pengembang masih berharap untuk meningkatkan kecepatan startup dari Ubuntu Software Center dari 11 detik menjadi kurang dari 2 detik dan juga terus selalu melakukan perbaikan desktop Unity. Ubuntu Software Center akan terupdate dengan dukungan multi screenshot.

6. Head-Up Display (HUD) Feature

Pada Januari 2012, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 12.04 akan menggabungkan fitur baru berupa Head-Up Display (HUD), yang akan memungkinkan mencari item menu aplikasi hanya melalui tombol hotkey keyboard tanpa membutuhkan mouse. Shuttlework menambahkan bahwa HUD nanti kedepannya akan menggantikan menu pada Unity Applications.

7. A Wayland Preview.

Sementara Ubuntu 12.04 masih tergantung pada X.Org sebagai server utama sistem display grafis, sebuah percobaan menggunakan Sistem Grafis Wayland untuk menjalankan server X11 dan itu memungkinkan (berhasil). Ke depannya mungkin Ubuntu akan mengadopsi Waylang Graphics System juga.

8. Gnome 3.2 plus some Gnome 3.4 packages

Sebagian besar paket Gnome pada Ubuntu 12.04 LTS ini akan menggunakan paket dari Gnome versi 3.2, tetapi beberapa paket dari Gnome versi 3.4 kabarnya akan dimasukkan juga, sebagai contoh GTK+ 3.4, Gnome Games, GEdit, GCalctool, Evince dan Yelp.

JADWAL RELEASE UBUNTU 12.04 LTS  (repost dari sini)

Berikut timeline atau agenda rilis Ubuntu 12.04 menuju rilis stabil :

  • 1 Desember 2011 : Alpha 1
  • 2 Februari 2012 : Alpha 2
  • 16 Februari 2012 : Feature Freeze
  • 23 Februari 2012 : User Interface Freeze
  • 1 Maret 2012 : Beta 1
  • 29 Maret 2012 : Beta 2
  • 26 April 2012 : Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin.

Feature Freeze adalah tahapan dimana fitur dan paket baru telah selesai ditambahkan (tidak akan ada penambahan fitur lagi, kecuali pengecualian)

User Interface Freeze adalah tahapan dimana tidak akan ada lagi perubahan significan pada User Interface (masih ada pengecualian)

 TAMPILAN UBUNTU 12.04 LTS

Untuk mengetahui seperti apa Ubuntu 12.04 LTS (alpha release 1), simak video dari Youtube berikut ini :

Untuk file image/ISO, bisa didownload di sini.

Demikian sekilas preview dari Ubuntu 12.04 LTS yang pasti akan banyak user yang menantikan. Ubuntu Versi LTS yang keempat selama rilis-rilis distro Ubuntu dengan dukungan selama 5 tahun penuh. Semoga bermanfaat..!!

REFERENSI TULISAN :

  • http://www.pcworld.com/businesscenter/article/243541/seven_changes_to_watch_for_in_ubuntu_1204_precise_pangolin.html
  • https://wiki.ubuntu.com/PrecisePangolin/
  • gambar :

 

21 comments

  1. mantap nih boz kalau LTS ane juga udah nyobain yang alpha 1, mending nunggu rilis yang bulan april saja gan :-D. sekarang masih setia sama Arch :-D

  2. Saya berharap ubuntu 12.04 ini memiliki daya tahan baterai yang kuat, tidak seperti versi sebelumnya

  3. meskipun aku masih pake ubuntu 10.11 (kalo gak salah), tetap saja jarang update. tak masalah toh. :)

    btw, ulas juga dong apa gak bagusnya kalo pake LTS gini. utk pencerahan.

    • Yang penting nyaman saja makekny, Mas. GAK ada keharusan untuk terus mengupdate Ubuntu koq. Hehehe..

      LTS itu artinya Long Term Support. Disupport Ubuntu lebih lama drpd rilis biasa. Biasanya lebih stabil.. Uda pernah saya bahas di post2 sebelumnya ttg Ubuntu. CMIIW

  4. asyiiiikkkk…. LTS siap dibenamkan lagi di laptop kesayanganku :-)

    Ehmmmm… mas hendri yang cakep, aku ngopy iso-nya ya.. ehemmm… cakep dueeeehhhhh…

  5. Wah masih kompatibel dengan tool-tool utkremastering nggak ya ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top